PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (FASE D)
TAHUN AJARAN 2022/2023

Tema: Suara Demokrasi
Topik : Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilkasis),
Ajang Pembelajaran Demokrasi

INFORMASI UMUM
A. Identitas Penulis Modul : Tim Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP 1 Pagelaran
B. Sarana Prasarana : Ruang kelas dan halaman sekolah
C. Target Peserta Didik : Kelas VII semester ganjil tahun ajaran 2022/2023
D. Relevansi Tema dan Topik :

  1. Bagi Sekolah :
    Sekolah sebagai komunitas dapat membangun kesadaran dari seluruh anggota komunitasnya
    mengenai pentingnya demokrasi. Dengan adanya Pilkasis, siswa dapat melaksanakan proses
    demokrasi sebagai bekal hidup di tengah-tengah masyarakat.
  2. Bagi Guru Mata Pelajaran
    Beberapa mata pelajaran memiliki keterkaiatan (Relevansi) dengan Proyek ini antara lain:
    a. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
    Melaksanakan demokrasi di tingkat sekolah

    b. Bahasa Indonesia (BIN)
    Menyampaikan pidato dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
    c. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
    Membuat brosur atau poster Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilkasis)
    Komponen Inti :
    A. Deskripsi Singkat Proyek
    Demokrasi adalah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak
    setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka baik secara langsung
    atau melalui perwakilan.
    Demokrasi Pancasila bertujuan untuk mengutamakan keselarasan, keseimbangan, dan
    keselamatan bangsa di atas kepentingan pribadi maupun golongan.
    Hak untuk mengeluarkan pendapat harus dilakukan dengan mengindahkan norma sosial
    dan hukum yang berlaku. Hak berpendapat selalu diiringi dengan kewajiban menghargai
    pendapat orang lain, karena pada dasarnya setiap kebebasan yang dimiliki selalu dibatasi oleh
    hak dan kebebasan orang lain. Terdapat aturan atau etika yang harus dipatuhi saat kita
    menjalankan hak berdemokrasi atau berpendapat baik secara virtual maupun di dunia nyata.
    Contoh penerapan budaya demokrasi di sekolah, antara lain : Bermusyawarah untuk
    penyusunan tata tertib di sekolah, khususnya tata tertib di dalam kelas.
    Bermusyawarah dalam penyusunan kelompok piket sekolah, kelompok dalam pelajaran, dan
    kepengurusan kelas serta pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS.
    Proyek ini mengikuti empat tahapan yaitu: Pengenalan, Kontekstualisasi, Aksi dan
    Refleksi dan tindak lanjut.

Melalui proyek ini, siswa diharapkan berproses melalui pengalaman belajarnya untuk
mencapai 2 dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu

  1. Berkebinekaan Global dengan elemen Berkeadilan Sosial
  2. Bernalar Kritis dengan elemen menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan
    prosedurnya, refleksi pemikiran dan proses berpikir
    Dari dua elemen ini kami mengangkat Sub-Tema Pilkasis, Ajang Pembelajaran Demokrasi
    di Sekolahku.

C. Perkembangan Sub-Elemen Antarfase

  1. Berkebinekaan Global
    Elemen : Berkeadilan Sosial

Berikut adalah dokumentasi Penyelenggaraan Projek P5 dengan tema Suara Demokrasi